Minggu, 29 Desember 2013

Psikologi dan internet dalam ruang lingkup intrapersonal BAB 6 (tugas)

Psikologi dan internet dalam ruang lingkup intrapersonal BAB 6 (tugas)

                                                                 PENDAHULUAN

Sebagai mahasiswa yang baik ,kita dituntut untuk mengembangkan softskill. tidak hanya untuk nilai tugas atau apapun itu yang berkaitan dengan mata kuliah. Tetapi sangat jauh di dalam pemikiran kita softkill itu sangat penting untuk mengasah kemampuan kita . Didalam dunia kerja sofkill sangat dibutuhkan, apalagi dalam dunia Teknologi dan Internet karena hal itu sudah menjadi sangat popular dari usia anak-anak hingga usia dewasa, dan juga baik di lingkungan sekolah maupun dunia kerja. Jadi di sini saya akan menjelaskan tentang softkill yang berjudulkan  Teknologi Internet mulai dari pengertian, sejarah, koneksi internet dan lain-lain nya. Sehingga bagi para pembaca blog ini dapat bermanfaat dan juga mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi.

1. Sejarah komunitas online
Contohnya adalah : Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Kaskus yang dikembangkan oleh Andrew, Ronald, dan Budi ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Konsep awal Kaskus sebenarnya adalah situs yang mampu mengentaskan dahaga mahasiswa Indonesia di luar negeri akan kampung halaman melalui berita-berita Indonesia.

Menurut Alexa.com, pada bulan 09/2010 Kaskus berada di peringkat 257 dunia dan menduduki peringkat 6 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Pada bulan 08/ 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.
Pada tanggal 23/05/2006 manajemen ⦁ Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan.
Awal 04/2007, manajemen ⦁ Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server).
 Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.
Data per September 2010, jumlah server Kaskus sudah berjumlah lebih dari 50 server karena perkembangan yang sangat pesat (pertambahan user rata-rata perhari mencapai kurang lebih 3000 orang).

KasPay : Ada sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara
online yang disebut KasPay. Layanan tersebut telah diluncurkan pada Jumat 06/11/2009, pada
acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The east building, Kuningan, Jakarta. Layanan
transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay. Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yg akan dijadikan alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari modus penipuan & pemalsuan kartu kredit & keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail & catatan transaksi.


:: Polarisasi dalam Internet – Polarisasi Kelompok
Polarisasi adalah kecenderungan ke arah posisi yang ekstrem. Bila sebelum diskusi kelompok para anggota mempunyai sikap agak mendukung tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan lebih kuat lagi mendukung tindakan itu. Sebaliknya, bila sebelum diskusi para anggota kelompok agak menentang tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan menentang lebih keras. Polarisasi kelompok adalah gejala mengumpulnya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu. Polarisasi Kelompok adalah intensifikasi dari suatu pre-existing awal kelompok pilihan ( Baron et al. 1992 : 73). Efek polarisasi menyinggung pada rata-rata score individu sebelum dan setelah diskusi kelompok. Anggota kelompok paling ekstrim, mungkin sekali , sudah menjadi lebih moderat setelah diskusi itu. Tetapi pada rata-rata pertimbangan atau pilihan sudah menjadi yang lebih ekstrim.  Penyebab dari polarisasi adalah : perbandingan social, diskusi kelompok, dan tidak ada prasangka.
Selain itu polarisasi dapat terjadi karena perbedaan layanan pada internet seperti :
#Jejaring Sosial, #Streaming, #Forum Komunitas Maya, #Cloud Storage, #Surel, #Blog, #Milist, dan #Chatting dan Teleconference.

:: Kelompok Unik dalam Internet– Kelompok Kerja Virtual

Terbentuknya komunitas bisa karena kesamaan asal daerah dari anggotanya, kesamaan hobby, kesamaan profesi, atau mungkin kesamaan menggunakan platform online tertentu. Untuk komunitas online ini dia memiliki keunikan tersendiri, anggota kelompoknya bisa secara bersama-sama melakukan suatu aktifitas tanpa berkumpul bersama-sama dan tidak pula berada di tempat yang sama. polarisasi, yaitu gejala berkumpulnya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu. Dari media internet ini, ada pula yang menggunakannya untuk membentuk kelompok kerja virtual, kelompok kerja virtual yaitu  sekelompok orang yang bekerja pada sebuah proyek yang umum melalui teknologi seperti email, pesan instan, database bersama, diskusi threaded dan kalender. Dalam perkumpulan ini mereka memiliki tujuan dan kepentingan yang sama, saling bertanggungjawab dan bergantung antara satu sama lainnya.

:: Kelompok Kerja & Brainstorming Elektronik
Brainstorming adalah sebuah teknik kreativitas yang dirancang untuk menghasilkan sejumlah besar ide-ide untuk solusi suatu masalah . Pada tahun 1953 metode ini dipopulerkan oleh Alex Osborn Faickney dalam buku yang disebut Terapan Imajinasi. Osborn diusulkan bahwa kelompok bisa double output kreatif mereka dengan brainstorming. Osborn, AF (1963) Terapan imajinasi: Prinsip dan prosedur pemecahan masalah secara kreatif (Edisi Revisi Ketiga) . New York, NY: Charles Scribner's Son. Meskipun brainstorming telah menjadi teknik kelompok populer, bila diterapkan dalam grup tradisional, peneliti tidak menemukan bukti efektivitas untuk meningkatkan baik kuantitas atau kualitas dari ide-ide yang dihasilkan. Karena masalah seperti gangguan. Elektronik brainstorming adalah versi komputerisasi dari teknik brainwriting manual. Berikut ini adalah varian lain dari brainstorming yang perlu juga anda ketahui :
Nominal Group Technique (NGT)
Group Passing Technique
Tim Idea Mapping Method
Electronic Brainstorming
Directed Brainstorming
Individual Brainstorming
Question brainstorming


:: Mengembangkan Kepercayaan dalam Tim Virtual
Tim virtual adalah tim yang menggunakan teknologi komputer untuk menyatukan anggota-anggota yang terpisah secara fisik guna mencapai tujuan bersama. Tim virtual dapat melakukan berbagi informasi, membuat berbagai keputusan, dan menyelesaikan tugas. Untuk menumbuhkan kepercayaan dan rasa nyaman ke para konsumen adalah sebagai berikut:
1. Berikan respon yang cepat dan tepat : Melalui media online yang selalu aktif 24 jam non-stop, berusahalah untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tepat bagi para konsumen. Misalnya saja melayani transaksi pembelian online selama 24 jam non-stop, menjawab setiap pertanyaan konsumen dengan jelas.
2. Tawarkan proses pembelian yang cukup mudah : Layanan pembelian online yang mewajibkan calon konsumennya untuk menyebutkan nomor identitas diri, atau nomor kartu kredit sebelum mereka membeli produk di toko online tersebut.
3.   Gunakan cara pembayaran yang sederhana : cash on delivery (dibayarkan ketika barang diterima konsumen) atau melalui transfer via bank. Mintalah para konsumen untuk mencantumkan bukti transfer bagi para pembeli yang melakukan pembayaran melalui bank.
4.  Tepat waktu dalam melakukan pengiriman barang : Kondisi seperti ini tentunya bisa
mengecewakan para pelanggan, sehingga para pelaku usaha diharapkan memilih jasa pengiriman
yang paling terpercaya untuk mengirimkan produk pesanan pelanggan.
5. Berikan sesuai permintaan konsumen : Jagalah kualitas barang yang anda kirimkan dan sesuaikan dengan pesanan yang disampaikan para konsumen. Hal ini penting agar kepercayaan konsumen mulai terbangun, sehingga untuk selanjutnya mereka tidak segan-segan untuk memesan produk anda lagi.

KESIMPULAN
Seperti yang di jelaskan di atas bahwa komunitas online itu sudah ada sejak lama, dan di era sekarang ini perkembangan nya semakin pesat. Untuk itu marilah menjadi pribadi yang jujur, ramah tamah, dan juga memiliki banyak jaringan agar antara produsen dan konsumen mendapat sama-sama keuntungan dan mendapatkan barang yang bagus, dan hubungan jejaring social semakin baik.

Sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2889984
http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/01/biografi-kaskusus-komunitas-online.html
http://filzaicha.blogspot.com/2012/10/psikologi-dan-teknologi-internet.html
http://deathneverlost.wordpress.com/2012/10/31/polarisasi-dalam-internet-hingga-terbentuk-kelompok/
http://amusamusannisa.blogspot.com/2012/10/psikologi-dan-internet-dalam-lingkup_22.html
http://ekaduwih.blogspot.com/2010/04/my-mapping-about-brainstorming.html
http://mylifeinspirationblog.wordpress.com/2011/01/21/varian-lain-dari-brainstorming/
http://dnf10.blogspot.com/2012/10/fenomena-interpersonal-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar